Investasi Jaman Now Pegadaian Tabungan Emas

22:06

Hi Beauties,

Di postingan kali ini aku akan membahas topik yang lumayan serius nih, yaitu mengenai investasi. Hmm.. denger kata investasi pasti mikirnya udah berat banget ya. Dan buat para readers blog aku yang masih sekolah atau kuliah pasti mikirnya “Ah, aku kan masih muda, masih males ah kenalan sama yang namanya investasi.”. 


Jangankan kalian yang masih kuliah, aku yang sudah memiliki pekerjaan tetap aja sekarang masih belum begitu tertarik dan banyak mengetahui tentang investasi. Tapi, aku langsung sadar banget bahwa investasi itu penting dilakukan semenjak usia muda dan sebenernya investasi gak sesulit itu setelah aku mendatangi event sharing bareng ‘Investasi Jaman Now’ bersama Pegadaian. Thanks to C Channel yang sudah mengundang aku ke event ini!

Acara sharing bareng mengenai investasi ini diselenggarakan di Tanamara Coffee tanggal 24 Maret 2018. Di acara ini aku ketemu banyak temen-temen blogger dan jadi sharing banyak hal mengenai investasi. Acara dibuka oleh MC dan juga sambutan dari Mr. Yamato Sasagawa selaku CEO C Channel Indonesia. Dan narasumber untuk sharing session kali ini adalah Bapak Teguh Budi Ismanto sebagai Koordinator e-channel PT Pegadaian (Persero), Bapak Ngatawi sebagai Deputi Bisnis Pegadaian Area Jakarta Selatan PT Pegadaian (Persero) dan juga lifestyle influencer cantik, Lyla Andalucia.


Sebelum datang ke acara ini, aku selama ini hanya mengandalkan nabung di bank, atau berinvestasi melalui deposito juga di bank. Tapi setelah acara ini, aku diperkenalkan adanya Investasi berupa tabungan emas dari Pegadaian. Tidak bisa dipungkiri sih pentingnya investasi. Investasi tidak selalu harus dengan angka yang tinggi, bisa juga dilakukan sedikit demi sedikit yang penting rutin.


Emas sendiri juga merupakan investasi yang menguntungkan karena harganya yang cenderung selalu naik dan bisa dicairkan kapan saja. Seperti Lyla Andalucia yang bercerita bahwa dia sudah melakukan investasi emas semenjak memiliki penghasilan sendiri. Dan Lyla selalu berusaha menahan untuk tidak membeli barang branded dan lebih memilih uangnya untuk dibelikan emas dan dijadikan investasi. Hmm ini bisa jadi hal positif banget sih buat kamu yang suka belanja. Daripada buang-buang uang untuk beli barang, lebih baik digunakan untuk membeli emas dan dijadikan investasi.


Bapak Ngatawi juga mengatakan bahwa investasi adalah untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Dan beberapa jenis investasi yang ditawarkan adalah;
1. Tabungan
Kelebihan: caranya mudah, tergolong aman dan memiliki resiko yang kecil
Kekurangan: Profitnya kecil, hanya 2 persen per tahun, bisa tergerus inflasi dan ada biaya administrasi setiap bulan
2. Deposito
Kelebihan: Profit lebih tinggi dibandingkan tabungan dan resiko kerugian juga kecil
Kekurangan: tidak dapat ditarik sewaktu-waktu karena adanya resiko penalti dan adanya jangka waktu yang ditentukan untuk mencairkan uang
3. Properti
Kelebihan: resiko kerugian kecil, property bisa dimanfaatkan dengan cara dijual atau disewakana
Kekurangan: roses nya sangat memakan waktu dan biaya dan property bukan merupakan asset yang liquid.
4. Saham
Kelebihan: keuntungun bisa tinggi bila laba perusahaan tempat investasi berhasil dan bekerja dengan baik
Kerugian: jika perusahaan temat investasi rugi, maka saham kita akan terkena imbas sehingga bisa gulung tikar
5. Forex
Kelebihan: keuntungan yang diperoleh bisa sangat tinggi
Kekurangan: resiko sangat tinggi karena bergantung pada stabilitas ekonomi global
Selain jenis-jenis diatas, ada juga investasi yang berupa Obligasi dan Reksa dana.

Nah, investasi yang menurut Bapak Ngatawi lebih tepat adalah Tabungan emas. Karena harga emas relative stabil, cenderung naik dan bebas dari inflasi. Selain itu, emas juga memiliki likuiditas tinggi karena mudah untuk diperjualbelikan.

Tapi memang benar sih, dari pengalamanku sendiri, mamaku tuh dari aku kecil sukanya beli emas untuk dijadikan investasi, karena nanti sewaktu waktu ketika dibutuhkan bisa dijual dengan mudah dan sudah pasti tidak rugi. Mama juga udah ngajarin aku buat nyisain uang untuk beli emas karena emas merupakan bentuk investasi yang aman dan mudah.

Keunggulan lain dari emas adalah:
1. Emas itu awet dan tidak bisa terkorosi
2. Nilas emas tahan terhadap inflasi
4. Dapat dengan mudah dijual atau dijadikan jaminan
5. Bebas pajak
6. Nilainya jarang turun, bahkan cenderung terus naik
7.  Perlindungan universal diakui disemua tempat dan negara

Pegadaian sendiri sudah dapat melayani pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan. Fasilitas titipan disana adalah kamu sebagai nasabah bisa membeli emas dan menitipkan emas tersebut ke Pegadaian. Sehingga ketika emas sudah mencapai jumlah tertentu, kamu bisa mencetak atau menjual emas tersebut

Kelebihan Pegadaian tabungan emas:
1. Tersedia di lebih dari 4000 outlet Pegadaian
2. Pembelian dimulai dari berat 0,01 gram
3. Order cetak emas mulai dari kepingan 1 gram
4. Buy back yang kompetitif
5. Harga pembelian minimal 5000-an
6.  Dikelola BUMN berpengalaman dan diawasi oleh OJK

Kemudahan lain yang ditawarkan adalah:
1.       Outlet Pegadaian dengan OTP dan autodebet via bank BNI
2.       ATM bank BRI, Mandiri, BNI
3.       Internet Banking BRI, Mandiri, BNI
4.       Pembukaan rekening dan top up tabungan emas, dapat dilakukan di Pegadaian Digital

Nah, buat mempermudah proses investasi tabungan emas, buat kita nih generasi millennials, bisa menggunakan aplikasi Pegadaian Digital yang bisa di download di Google Play dan App Store. Setelah download, registrasi dengan mengisi dara diri. Setelah itu sudah deh, bisa langsung log in dan bisa men-top up saldo emasnya


Nah, ternyata berivestasi jaman now itu sudah menjadi lebih mudah yah karena adanya Pegadaian Tabungan Emas, ditambah ada aplikasinya juga yang bisa mempermudah investasi. Yuk, mulai ber investasi tabungan emas  :)


Love,
RONA PERMATA


permata4rona@gmail.com


See you on another post, Beauties! <3

You Might Also Like

0 comments

Star Clozetters

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support